Budidaya Bunga Edelweis di Indonesia

Berikut ini kami posting beberapa artikel / potongan artikel yang membahas tentang budidaya bunga edelweis di indonesia. Mungkin masih banyak diantara anda yang belum mengetahui informasi berikut ini.
Proses budidaya edelweis source:jawapos
Menilik Proses Budidaya Langka Bunga Edelweis oleh Warga Tengger jawapos.com: (menilik proses budidaya langka bunga edelweis oleh warga tengger)

Budidaya edelweis source:jawapos
Populasi bunga edelweis yang semakin langka karena ulah para pendaki gunung yang tidak taat terhadap peraturan dengan memetik bunga sesuka hati. Padahal, Edelweis tengah menjadi perhatian utama pemerintah dan dilindungi oleh undang-undang.
Melihat hal itu, masyarakat Suku Tengger di lereng Gunung Bromo kemudian tengah berupaya untuk membudidayakan Edelweis. Salah satunya dilakukan oleh masyarakat di Dusun Wonomerto, Desa Tosari, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.
Salah satu penggagas budidaya Edelweis, Kariadi, 45, mengatakan, langkah budidaya ini dilakukan untuk melestarikan Edelweis. Pasalnya, bunga ini juga selalu dijadikan bahan sesaji di setiap upacara adat istiadat, seperti Leliwet, Kasada, Unan-Unan dan lain-lain.
Kariadi menyampaikan, budidaya edelweis di Wonomerto sudah dilakukan sejak tahun 2014 lalu. Dia menambahkan, meskipun Tosari bukan merupakan desa penyangga TNBTS, namun pihaknya mempunyai kepedulian untuk melestarikan dan membudidayakan edelweis. 
Menurutnya, hal itu merupakan sebuah langkah tepat agar masyarakat dapat menggunakan Edelweis tanpa berbenturan dengan hukum. 
Budidaya Edelweis ini juga bukan perkara mudah. Pasalnya, terdapat beberapa proses yang harus dilalui serta memakan waktu yang cukup lama. Mulai dari masa pembibitan, penyemaian, hingga panen memerlukan waktu selama hampir dua tahun. "Satu tahun sekali berbunganya, panen juga satu tahun sekali," jelasnya. 
Bahkan, dari 1.000 benih Edelweis yang ditanam, kira-kira hanya sekitar 300 benih saja yang berhasil tumbuh. Selama ini, Kariadi bersama anggota Bala Daun melakukan budidaya edelweis di lahan seluas 500 meter persegi. 
Namun berkat kerja keras dari sejumlah pihak, sekitar 500 tanaman Edelweis pun saat ini telah tertanam di beberapa daerah di desa tersebut. Selain itu, pada tahun ini rencananya sebanyak 3.000 benih Edelweis bakal ditanam kembali di pinggir jalan desa. 
"Yayasan Satu Daun sangat membantu kami dalam budidaya Edelweis. Dulu kami pembiayaan sendiri, bibit juga cari sendiri. Kini kami mendapatkan bantuan," ungkap bapak satu anak ini. 
Kariadi mengatakan, karena budidaya tersebut, juga turut membantu perekonomian warga sekitar. 
Kariadi berharap, budidaya Edelweis ini nantinya dapat memunculkan sektor pariwisata baru berwawasan lingkungan. Sehingga, masyarakat desa dapat meningkatkan taraf ekonomi lewat pengelolaan kawasan konservasi tersebut.

Edelweis Liar vs Edelweis Budidaya
Asyik, Sebentar lagi Bakal Dibangun Desa Wisata Edelweis di Bromo! malesbanget.com: (Asyik sebentar lagi bakal dibangun desa wisata edelweis di bromo)

source:malesbanget
Buat kalian yang selama ini suka metik Edelweis atau bunga abadi di Gunung Gede, atau beli seikat Edelweis di Bromo, ingatlah selalu bahwa Edelweis adalah tanaman yang dilindungi yang hanya bisa tumbuh di atas ketinggian 2.000 mdpl. 
Tapi, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) baru-baru ini mengumumkan kabar bagus. Katanya akan dibuat Desa Wisata Edelweis di sekitar kawasan ini, dan enggak tanggung-tanggung, akan dibuat 4 desa wisata sekaligus, yaitu Desa Ngadisari (Probolinggo), Desa Wonokitri (Pasuruan), Desa Ngadas (Malang), dan Ranupani (Lumajang). Tentunya pengelolaan diserahkan kepada masyarakat sendiri. 
Harapannya, dengan pembuatan desa ini tidak ada lagi masyarakat yang memetik Edelweis secara liar di tengah hutan. Masyarakat bisa menanam sendiri dan memanfaatkan 1.000 bibit yang diberikan oleh TNBTS. 
Desa Wisata Edelweis ini sendiri konsepnya akan menjadi taman untuk daya tarik foto-foto bagi pengunjung, dan bunganya juga bisa dipetik asalkan membeli dahulu bibitnya dan menanamnya juga sebagai pengganti. Target ke depannya, semoga program penanaman Edelweis ini bisa memiliki nilai ekonomi mulai Agustus mendatang.

Anda juga bisa membaca artikel menarik berikut ini : Di Balik Bunga Edelweiss yang Diperjualbelikan

Atau searching di google dengan keyword "Bunga Edelweis Budidaya"

Demikianlah beberapa artikel mengenai budidaya bunga edelweis di indonesia yang diharapkan dapat menambah informasi untuk anda.